Jumat, 09 Maret 2012

Bumi Kita tanggung jawab siapa???

Pada Dasarnya tuhan menciptakan segala sesuatu di muka bumi ini merupakan suatu keseimbangan yg komplek dan tak terpisahkan. Semua punya fungsi dan peran untuk menjaga kelangsungan dan keseimbangan di muka bumi. Tuhan menciptakan air untuk memberi kehidupan bagi makhluk bumi, menciptakan hutan sebagai tempat berlindung sebagian besar keaneka ragaman hayati dan mempertahan kan pasokan Oksigen dan menetralisir Gas Karbon serta menjaga suhu bumi agar tetap stabil.  Tapi sejak perkembangan populasi manusia kian bertambah keseimbang alam mulai mengalami gangguan, alam mulai mengalami degradasi secara besar-besaran. Perambahan Hutan berskala besar dan melebihi keperluan manusia itu sendiri, pembukaan dan pembakaran lahan tanpa memperhatikan konsep keseimbangan, Eksploitasi air tanah yg tidak terkendali dan perkembangan bidang  Industri yg pesat merupakan beberapa penyebab kerusakan alam itu sendiri. Secara perlahan tapi pasti alam mengalami kerusakan parah dimana jika tidak ada upaya secara sungguh-sungguh dan serius akan menjadi malapetaka dan kehancuran alam secara total.


Kepentingan Negara Maju Versus Negara berkembang
Sebagian besar Hutan Hujan Tropis yg merupakan Hutan yg memiliki keaneka ragaman hayati yg komplek  sebagai alat Utama Netralisasi Karbon dan menjaga kestabilan iklim Global terdapat di Negara berkembang, sehingga belum menerapkan aturan dan regulasi secara ketat dan tegas. Kemiskinan masyarakat di sekitar hutan pun ikut memberi andil dalam proses perambahan hutan. Perizinan HPH tanpa kontrol dari pemerintah merupakan upaya legal oleh para cukong besar dan sekala besar dalam perusakan hutan secara permanen tanpa di imbangi dengan upaya Reboisasi dan Rehabilitasi  yg Optimal. Beberapa jenis Folra dan Fauna yg beberapa decade dulu mudah di jumpai sekarang menjadi sesuatu yg langka untuk dijumpai bahkan beberapa di antaranya diperkirakan telah punah. Kebijakan di Negara berkembang umumnya tidak dapat melindungi secara maksimal dari kerusakan alam dan keselamatan Lingkungan hidup.
Sedangkan Negara Maju yg menempatkan  Industri sebagai ujung tombak perekonomian nya seakan tak mau begitu ambil pusing dengan issue lingkungan hidup hal tersebut hal itu terlihat dari beberapa pertemaun dan konferensi yg gagal menyepakati upaya - upaya yg komprehensif dalam menyikapi Global worming dan penyelamatan lingkungan. Disatu sisi Negara maju tidak menginginkan aturan yg ketat untuk membatasi Emisi karbon  tapi menginginkan Negara Berkembang melakukan upaya yg maksimal dalam menekan laju kerusakan hutan, sementara disisi lain Negara berkembang pemilik Hutan menginginkan adanya Dana dari Negara Maju untuk masyarakat sebagai kompensasi moratorium penghentian penebangan hutan sehingga dapat menganti nilai Ekonomis dari Eksploitasi hasil Hutan.



PENYELAMATAN LINGKUNGAN KAPAN DAN SIAPA?
Ketika pemerintah dan pengambil kebijakan tidak dapat diandalkan lagi untuk menyelamatkan lingkungan, maka diperlukan langkah secara nyata dan strategis oleh masyarakat secara lansung. Jika di ibaratkan sebagai tubuh bumi kita telah berada pada keadaan Infeksi serius yg jika tidak segera di obati dan dicegah akan menjadi kangker yg tidak bisa di obati lagi. Suatu saat kita akan menyadari betapa uang tidak dapat digunakan untuk dapat menganti sesuatu yg telah hilang dari alam. Langkah kecil yg kita lakukan hari ini memiliki pengaruh yg besar  bagi kelangsungan Alam dan Lingkungan hari Esok. Langkah tersebut bisa dilakukan dengan memberi pemahaman mengenai lingkungan yg baik pada teman-teman disekitar kita, membiasakan diri berprilaku peduli lingkungan dengan memakai produk ramah lingkungan dan menghindari memakai produk berbahan dasar plastik dan Kayu secara berlebihan, Menghemat pemakaian Energi Listrik  dan  pemakaian BBM kemudian mari membudayakan menanam pohon di sekitar lingkungan kita meskipun Cuma satu pohon saja. Jika hal ini dilakukan oleh semua orang di bumi setidaknya jika tidak mencegah kita dapat sedikit memperlambat proses kerusakan bumi kita. Yg terakhir masih bnyk hal-hal positif yg dapat kita lakukan untuk bumi kita jadi mari lakukan hal-hal apapun yg menurut kita baik untuk menyelamatkan Bumi kita tercinta ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar